fbpx

Yang Harus Diketahui Pebisnis tentang Efek PSBB di Jakarta!

Wabah COVID-19 yang kini berstatus pandemik memang melahirkan tantangan besar bagi semua sektor bisnis. Banyak bisnis yang sudah mulai menghentikan operasional demi alasan keamanan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan diberlakukan mulai Jumat (10/04).

Yang Harus Diketahui Pebisnis tentang Efek PSBB di Jakarta!

Melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/239/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Provinsi DKI Jakarta dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Menteri Kesehatan menetapkan status PSBB di DKI Jakarta.

1. Sektor Bisnis yang Dibatasi Karena PSBB

Ada delapan sektor bisnis yang diperbolehkan beroperasi ketika PSBB diberlakukan: sektor kesehatan, sektor pangan, energi, komunikasi, distribusi barang, keuangan dan perbankan, kebutuhan sehari-hari, dan sektor industri strategis.

Dari kebijakan tersebut, terlihat bahwa beberapa sektor usaha dan turunannya akan menjalani masa kejayaan. Seperti sektor farmasi, ritel groseri, logistik tidak akan berhenti melakukan kegiatan ekonomi.

Namun, ada juga sektor industri yang akan terkena dampaknya seperti sektor transportasi, tak terkecuali penerbangan. Kemudian, perhotelan dan restoran, pariwisata, tempat hiburan, otomotif, kecantikan, ritel pakaian, MICE, jasa hingga properti.

Baca Juga: 3 Hal Ini Bisa Selamatkan Pebisnis dari Dampak Corona

Hal ini akan menghambat bisnis sementara waktu, namun diperlukan agar situasi bisa normal kembali. Jika bisnis Anda termasuk salah satu dari 8 sektor yang disebutkan, maka Anda harus lebih jeli lagi untuk mengambil peluang untuk mengembangkan bisnis.

Namun, jika bisnis Anda tidak termasuk dalam pengecualian, gunakan waktu ini sebaik-baiknya untuk tetap berjualan walaupun tidak bisa membuka toko secara fisik. Gunakan transformasi digital untuk tetap melangsungkan bisnis.

2. Tempat Kerja dan Moda Transportasi yang Dibatasi

Ada pembatasan tempat kerja saat PSBB dilangsungkan, namun pemerintah telah mengupayakan agar kelangsungan dan produktivitas pekerja tetap terjaga dengan memberlakukan work from home (WFH).

Namun ada sejumlah tempat kerja yang dikecualikan, dengan tetap memperhatikan jumlah minimum karyawan. Hal itu sebagaimana diatur dalam Pasal 13 ayat 3 yang berbunyi:

Peliburan sekolah dan tempat kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dikecualikan bagi kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor dan impor, distribusi, logistik, dan kebutuhan dasar lainnya.

Selain tempat kerja yang dikecualikan, perhatikan juga pembatasan kegiatan dalam moda transportasi. Moda transportasi di Jakarta hanya memperbolehkan 50 persen kapasitas maksimal, dengan jam operasional mulai 06:00 – 18.00.

Jika sektor usaha Anda diperbolehkan untuk beroperasi, tetapkan sistem shifting untuk mengurangi resiko penularan dan perhatikan jam kerja yang diperbolehkan agar tidak melanggar peraturan. Anda juga harus menyediakan prosedur tetap (protap), seperti masker dan pencuci tangan.

Tingkatkan Performa Penjualan dengan LINKZ

 

3. Penegakan Hukum dan Sanksi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa ada penegakan hukum jika ada yang melanggar aturan perbatasan dalam PSBB. Meskipun belum ada peraturan resmi akan sanksi yang akan ditetapkan, pemerintah menghimbau warga dan pelaku bisnis untuk mengikuti dan menaati perbatasan pergerakan ini.

Perbatasan PSBB ini memang akan menjadi tantangan bagi semua warga Indonesia, namun dalam pelaksanaannya masih banyak yang bisa dilakukan para pebisnis untuk mempertahankan usahanya.

Terlepas dari sektor yang dikecualikan atau tidak, efek PSBB akan memunculkan cara-cara berbisnis yang baru agar dapat menjamin kelangsungan bisnis.

LINKZ dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis Anda secara digital, baik dalam penerimaan dan pemesanan order, tracking logistik, bahkan sampai laporan dan penagihan utang-piutang perusahaan pelanggan.

Ketahui fitur-fitur pada aplikasi LINKZ lebih lanjut:

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu perkembangan bisnis Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *